Youtube video above is Not an endorsement from the celebrity.
It's just an example of using HTML code to embedding a youtube video.

Visit Baifern Pimchanok Official Instagram : https://instagram.com/baifernbah





Nov 17, 2010

Verifikasi Kepemilikan Blogspot Menggunakan Webmaster Tools

Webmaster Tools adalah salah satu produk Google yang disediakan untuk memberikan kemudahan kepada blogger untuk mengetahui informasi-informasi penting, diantaranya seperti :

  1. mengetahui bagaimana Google "melihat" blog Anda
  2. mengetahui analisis data blog Anda pada hasil pencarian di search engine 
  3. mengetahui blog ataupun website lain yang menambahkan link dari blog Anda
  4. mengetahui hasil indeks Google pada blog Anda

Sebenarnya, sangat mudah untuk dapat menggunakan produk Google yang satu ini. Orang yang tidak memiliki basic dalam bidang web design ataupun teknik informatika tetap dapat menggunakannya, dengan catatan mau membaca petunjuk yang sudah disediakan oleh google. Akan tetapi, biar saya tidak dibilang OmDo alias Omong Doank, berikut ini saya akan coba memberikan sedikit panduan dalam menverifikasi  blogspot menggunakan Webmaster Tools.

Langkah pertama, sudah pasti Anda harus Log in terlebih dahulu ke dalam Google account yang Anda miliki. Dan kemudian bukalah TAB baru pada web browser Anda dan bukalah halaman Webmaster Tools. Apabila Anda sudah Log in menggunakan Google account Anda, maka tampilannya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 3.1

Log in lah ke dalam dengan menggunakan password dari Google account Anda. Dan setelah Log in, maka akan tampak tampilan home page dari Webmaster Tools account Anda.

Gambar 3.2

Selanjutnya langkah kedua, mendaftarkan blog Anda pada layanan Webmaster Tools. Click Add site button seperti yang terlihat pada gambar di atas. Kemudian isikan dengan URL atau alamat blog Anda, misalnya yoursite.blogspot.com. Sedikit catatan, untuk blogspot yang belum menggunakan custom domain, cukup mengisinya dengan yoursite.blogspot.com.

Gambar 3.3

Langkah ketiga, adalah melakukan verifikasi kepemilikan blogspot Anda. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, akan tetapi khusus untuk blogspot cukup dengan menambahkan meta tag yang sudah disediakan oleh Google ke dalam blog yang Anda miliki. Copy dan paste meta tag tersebut ke dalam HTML template blogspot Anda. Letakkan pada bagian sesudah "< head >" dan sebelum "< /head >".

Gambar 3.4


Setelah Anda meletakkan meta tag tersebut pada posisi yang sudah ditentukan, maka lakukan verifikasi kepemilikan blogspot Anda. Tunggulah beberapa saat apabila blog belum verified, atau refresh web browser Anda. Apabila sudah terverifikasi, maka akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 3.5
Selamat mencoba  :)